Senin, 09 September 2013

PEUBAHAN PROSES FSIOLOGIS IBU NIFAS

           
PEUBAHAN PROSES FSIOLOGIS IBU NIFAS
Perubahan fisiologis ibu nifas

1.      Perubahan sistem reproduksi
Perubahan tinggi fundus karena proses involusi
Involusi uteri dari luar dapat diamati yaitu dengan memeriksa fundus uteri dengan cara :
a.       Segera setelah persalinan, tinggi fundus uteri 2 cm dibawah pusat, 12 jam kemudian kembali 1 cm diatas pusatdan menurun kira-kira 1 cm setiap hari.
b.      Pada hari ke dua setelah  persalinan tinggi fundus uteri 1 cm dibawah pusat. Pada hari ke 3-4 tinggi fundus uteri 2 cm dibawah pusat. Pada hari 5-7 tinggi fundus uteri setengah pusat simpisis. Pada hari ke 10 tinggi fundus uteri tidak teraba.

Lochea adalah eksresi cairan rahim selama masa nifas. Lochea mengandung darah dan sisa jaringan desidua yang nekrotik dari dalam uterus.
a.       Lochea Rubra / Merah (Kruenta)  1-4 hari postpartum
b.      Lochea Sanguinolenta Cairan yang keluar berwarna merah kecoklatan dan berlendir. 4-7 hari postpartum
c.       Lochea Serosa Lochea ini berwarna kuning kecoklatan karena mengandung serum, leukosit dan robeka/laserasi plasenta. 7-14 hari postpartum
d.      Lochea Alba / Putih Mengandung  leukosit, sel desidua, sel epitel, selaput lender serviks dan serabut  jaringan  yang  mati.  2-6 minggu postpartum
2. Perubahan sistem perkemihan
Urine biasanya berlebihan (poliurie) antara hari kedua dan kelima, hal ini disebabkan karena kelebihan cairan sebagai akibat retensi air dalam kehamilan dan sekarang dikeluarkan.





3.    Perubahan sistem pencernaan
Biasanya ibu mengalami obstipasi setelah melahirkan anak. Hal ini disebabkan karena pada waktu melahirkan alat pencernaan mendapat tekanan yang menyebabkan colon menjadi kosong, pengeluaran cairan yang berlebihan pada waktu persalinan (dehidrasi), kurang makan , haemorroid, laserasi jalan lahir. Supaya buang air besar kembali teratur dapat diberikan diit atau makanan yang mengandung serat dan pemberian cairan yang cukup.

4. Perubahan tanda-tanda vital
1. Suhu Badan
24 jam post partum suhu badan akan naik sedikit (37,5ْC–38˚C) sebagai akibat kerja keras waktu melahirkan, kehilangan cairan dan kelelahan, apabila keadaan normal suhu badan akan biasa lagi. Pada hari ketiga suhu badan akan naik lagi karena ada pembentukan ASI,
2. Nadi
Denyut nadi normal pada orang dewasa 60-80 kali permenit. Sehabis melahirkan biasanya denyut nadi itu akan lebih cepat. Setiap denyut nadi yang melebihi 100 adalah abnormal dan hal ini mungkin disebabkan oleh infeksi atau perdarahan postpartum yang tertunda.
3. Tekanan Darah
Biasanya tidak berubah, kemungkinan tekanan darah akan rendah setelah ibu melahirkan karena ada perdarahan.
4. PernafasanKeadaan pernafasan selalu berhubungan dengan keadaan suhu dan denyut nadi. Apabila suhu dan denyut nadi tidak normal pernafasan juga akan mengikutinya kecuali ada gangguan khusus pada saluran pernafasan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar